Diary of a Madman

Lagu 60 menit pilihan JOHN5

Saturday, December 20, 2008 by Gilang Wicaksono

john5
John5 mungkin bisa dibilang anggota Marilyn Manson's musical family yang paling menyeramkan, justru karena ia ngga menakutkan, kejam, demonic dll. Itulah yang membuatnya menonjol ditengah kumpulan orang2 psycho di Marilyn Manson. John5 adalah orang yang ramah, antusias, tipikal orang baik yang menyukai musik country seperti dia juga menyukai rock dan metal.
Dia seorang perfeksionis dan all-round guitar virtuoso, dia telah bekerjasama dengan banyak musisi dari k.d. lang, Lita Ford, Salt 'n' Pepa, Rob Halford dan David Lee Roth. Dia bergabung dengan Marilyn Manson pada 1998 tepat saat tour Mechanical Animals akan dimulai.
" Saat ak bermain dengan k.d. lang, yang ak dengarkan adalah Pantera, Slayer, Manson dan sejenisnya. Tapi karena sekarang ak sudah bermain untuk Manson jadi sekarang ak mendengarkan musik country saja ".

Pilihan lagu 60 menit John5 menunjukan keseimbangan sekaligus kesan kontras yang bagi sebagian orang "menyeramkan"^^

NIGHT MOVES - BOB SEGER
Night moves mengingatkanku waktu dulu ayah mengantarku ke sekolah tiap hari. Waktu itu aku berumur 8 atau 9 tahun, aku berasal dari Detroit dan night moves sering sekali diputar di radio, aku duga karena Bob seger juga berasal dari Detroit. Aku terlalu kecil untuk memahami lagu itu sebenarnya bercerita tentang apa ( sex dewasa ) aku Cuma menyukai suara gitar dan melodinya saja. Dan saat kamu mendengar lagu lama seperti itu, langsung saja akan membwamu bernostalgia.

ANTICHRIST SUPERSTAR - MARILYN MANSON
Ini adalah my all-time favorite Marilyn Manson song, meskipun aku sama sekali tidak terlibat, lagu ini direkam sebelum aku bergabung dengan Manson. Aku adalah fans berat Marilyn Manson dan aku selalu membayangkan memainkan lagu ini dengan Manson, lagunya sangat powerful baik secara musikal maupun visual.

DESPERADO - THE EAGLES
Aku pikir ini favorit semua orang. Kapanpun aku sedang tour pasti aku membawa album ini, karena album ini punya nuansa "desperado" dan pengelana koboi yang kental. Aku sudah beberapa kali melihat Eagles memainkan lagu ini live, dan mereka melakukannya dengan benar2 indah.

I'M BROKEN - PANTERA
Sepanjang tour Marilyn Manson "Mechanical Animal" dan "Holy wood" kami selalu mendengarkan I'm Boken sebelum naik ke panggung. Dan kami selalu memainkan album Far Beyond Driven saat pesta di back-stage atau di bus. Lagu ini mengingatkanku pada TWIGGY RAMIREZ karena dia suka Pantera. Dan pada saat kami main di Texas, Pantera datang dan kami semua bersenang-senang. Pogo cerita kalo semuanya kacau saat dia bersama Pantera karena mereka membuatnya benar-benar mabuk.

I HUNG MY HEAD - JOHNNY CASH
Johnny Cash adalah alias yang biasanya aku gunakan saat check in di hotel. That's how much I love the guy. Dan I hung My head adalah lagu terhebat yang aku dengarkan dalam kurun waktu 10 tahun belakangan ini, ceritanya sangat menakjubkan: seorang lelaki menembak pengembara tanpa alasan yang jelas, kemudian pada bait terakhir, pembunuh itu naik ke surga bersama dengan pengembara yang dia tembak dengan kuda yang sama.

HONKY TONKIN - HANK WILLIAMShank williams
Sebuah karya klasik, ini salah satu lagu country yang paling aku suka dan selalu aku dengarkan sepanjang hidup. Jadi aku juga mendengarkannya sewaktu tour dengan Manson dan ini membuat semua orang di sekitarku pusing^^ . Pogo, keyboardist kami, terkadang juga ikut menikmatinya, tapi tidak dengan yang lain.

ROCK BOTTOM - KISS
Aku adalah fans KISS yang menggelikan, aku telah menyukai mereka sejak berumur 6 tahun. Rock Bottom punya intro yang keren dan saat Paul Stanley mulai menyanyi suaranya terdengar sangat bagus, dia punya semacam rock-star voice. Saat aku kecil aku selalu berpikir kalau dia mabuk dengan beberapa botol whiskey untuk mendapatkan suaranya yang parau itu. Di Detroit, kapanpun mereka memainkan KISS di radio, aku selalu mengira kalau mereka datang ke radio dan bermain live di situ ( maklum masi bocah ).

THE RAIN SONG - LED ZEPPELIN
Aku benar-benar menyukai nuansa mellow dan produksinya yang bagus. Aku belajar memainkannya saat masih muda dulu tapi aku tidak tahu kalau itu dimainkan dengan open tuning, aku mengira lagu itu dimainkan dengan standar tuning, dan chords nya terasa aneh dan crazy. Sampai sekarang aku masih mamainkannya dengan standar. Saat aku sedang mengetes sound di studio atau semacamnya, aku biasanya memainkan The Rain Song dan pasti saja ada orang yang bertanya "eh gimana tuh cara memainkannya?"
Jadi aku tunjukan saja caranya, karena memang benar-benar terdengar seperti versi rekamannya

translated from: Guitar World Magazine

Labels: ,