Diary of a Madman

Agnes Monica memimpin closing ceremony Asia Song Festival 2009

Monday, October 05, 2009 by Gilang Wicaksono



Setelah tahun 2008 kemarin sukses memenangkan Best Performance di Asia Song Festival, kali ini agnes bikin prestasi lagi. menang 2 trophi kalo ga salah, ples memimpin artis2 asia yang lain menyanyikan lagu heal the world di closing ceremony nya. yang aku tau ada super junior ( boyben yang jumlah membernya cukup buat jadi tim sepakbola... ples cadangan... dan 1 pelatih), SNSD ( udah jelas pas audisi dulu syarat masuknya punya betis 1/3 panjang tubuh ), V6, mas gakuto ( hi brother, lama ga ketemu, kok sekarang jadi artis pop si? ).

Si agnes didaulat jadi lead vokal nya setelah sebelumnya dia bawain lagu ini duluan secara solo, terus dia diminta panitia menyanyi sekali lagi pas closing karena lagu ini dirasa pas mood nya buat penutupan. Suaranya bagus banget si, yang lainnya lewat lah hehehe, soalnya menurutku secara genetik emang suara orang indonesia lebih "tebal" dibanding orang2 asia timur kaya' china, jepang ato korea, memang ada beberapa pengecualian, tapi secara umum si sepertinya begitu, lagipula lidah kita sama sekali ga ada masalah beradaptasi ama pengucapan bahasa2 lain, cukup beberapa kali latihan pasti pengucapannya udah bener, beda ama orang jepang yang kaya'nya emang "dikutuk" ga bisa fasih bahasa inggris, lidahnya suka belibet kalo ngucapin kata yang banyak konsonannya. jadi buat gackt ama v6 mungkin lebih baik ga ikutan nyanyiin heal the world daripada ntar malah merusak suasana . mungkin pengecualian berlaku buat utada hikaru yang kualitas suaranya emang bagus n fasih juga pelafalan inggrisnya

hmm... ya jadi secara kualitas vokal si agnes udah sangat cukup buat jadi idola di kawasan asia seperti yang selama ini dia cita2kan, cuma kalo menurutku punya vokal bagus aja ga cukup. Contoh ekstrimnya bisa dilihat kenapa mbah surip lebih sukses dibanding mike mohede yang mewakili indonesia di ajang asian idols.. kenapa? jawaban simple nya si karena mbah surip jauh lebih menarik dibanding mike, soal kualitas suara jadi prioritas kesekian. nah sayangnya industri musik indonesia sekarang ( menurutku lho y) masih belom bisa membantu artisnya mengeluarkan 100 % kemampuannya ato bahkan lebih, belum bisa mengubah yang biasa menjadi luar biasa, atau yang bagus menjadi super bagus. kalo mbah surip si bukan hasil rekayasa industri di belakangnya, tapi natural emang dari sononya udah unik dan menarik.Padahal kalo dilihat, potensi penyanyi indonesia bagus banget lho, sherina, gita gutawa, agnes monica, ato prisa punya bakat yang bisa membuat mereka jadi bintang sukses di asia, sukses dalam artian komersil, bukan cuma menang2 festival. Syaratnya ya mereka mampu menarik perhatian fans2 diluar sana, tapi klo diserahin ama industri lokal aja si kaya'nya susah. Masih inget caranya agnes buat menarik para fans nya setiap kali dia rilis album baru? kubu nya agnes selalu bikin gosip agnes ada hubungan spesial ama seseorang kemudian dibantah, jalan bareng ama seseorang terus ngomongnya cuman temen doank, khas dunia entertainment lokal banget lah. kalo yang dipake cuma trik2 macem ini si jangan harap bisa unjuk gigi di asia

Saranku si mending agnesnya hijrah aja dulu ke korea ato jepun, gabung ama artist management disana, aku pikir mereka pasti bisa memberikan yang terbaik untuk mengorbitkan agnes. toh kalo dilihat kebelakang, anggun, satu2nya artis indonesia yang sukses di luar negeri juga bukan produk industri musik indonesia tapi dia tetep bisa mengharumkan nama indonesia di luar. Apalagi seiring waktu berjalan, aku yakin kiblat musik pop bakalan beralih ke asia timur, musik pop barat sekarang udah terlalu banyak berisi image "badboy" ato "badgirl", udah ga fun lagi, isinya cuma abg sok pinter yang pengen jadi pemberontak, kalopun ada yang imagenya bagus pasti deh belakangan belangnya ketauan, dia mabuk2an, gonta ganti pacar, atau pakai drugs. beda ama musik pop asia yang ceria, lucu, fresh, setiap artisnya berlomba2 untuk membuat fansnya happy n tertawa ( pengecualian buat musik taiwan yang bikin ngantuk.... zzzzz ). Hal ini juga didukung ama teknologi produksi rekaman dibelakangnya, hasil mixing an studio di jepang tuh terbaik di dunia, aku sebenernya ga terlalu ngerti soal yang beginian tapi ada temenku yang lumayan berpengalaman bilang gitu, hasilnya jauh lebih bagus dari musik barat, Marty Friedman gitarisnya Megadeth yang sekarang beralih ke JPOP juga bilang gitu, setelah masuk ke proses produksinya dia bilang "just like living in the future" orang2 yang terlibat di dalamnya bener2 kompeten di bidangnya masing2, mereka ini suka memperhatikan detail sementara orang barat lebih mengandalkan emosi lagunya. Aku kemaren2 iseng aja donlot salah satu lagunya super junior yang it's you, kaget juga, ga nyangka lagunya sebagus ini, setelah didengarkan lewat headphone kerasa banget aransemen vokalnya yang kreatif, ga ada satupun yang menonjol tapi semuanya saling melengkapi, perasaan boyben jamanku smp kaya' boyzone ato bekstrit boys ga ampe segitunya mengkonsep peran vokal masing2 personil supaya kedengeran atraktif

Yang diatas itu kalo diliat dari sisi produksinya, dari sisi pemasaran mereka juga punya banyak ide2 kreatif buat mendongkrak penjualan CD2 artis mereka, termasuk didalemnya bonus2 unik ( Julia Perez sebenernya kreatif juga tuh masukin kondom ke albumnya), video klip yang aneh2 ( klip indonesia kok sekarang sama semua ya, slow motion terus warnanya dibikin kuning2 ky di-sotosop, sp si yang bikin?), live performance yang bisa bikin orang ga kedip meskipun cuma liat lewat dvd ( kemaren pas lebaran nonton livenya Michael Jackson di TV, aku cuma bisa komen "segini aja nih konsernya the almighty michael jackson?? ga ada 50% semenarik livenya ayumi di tokto dome ato yokohama stadium")

jadi saat semua yang terbaik di bidangnya berkumpul, mulai dari pencipta lagu terbaik, arranger terbaik, art director terbaik, video director terbaik dll hasilnya adalah sebuah kualitas yang bisa mengalahkan bakat semata, yang bisa membuat ayumi hamasaki yang suara & dance nya pas2an bisa menjual lebih dari 50 juta kopi album, yang kesemua albumnya bisa nongkrong di posisi puncak dalam 11 tahun berurutan ( dari wikipedia nih ), ayumi hamasaki nya sendiri juga sering menyebutkan kalau dia lebih cocok dipandang sebagai sebuah produk dibanding sebagai personal

ya itu sekedar saran aja buat agnes, soalnya dia kaya'nya dia punya beban harus go international gara2 dulu media pernah gambar-gembor soal ini, medianya juga si suka cari sensasi, suka melebih-lebihkan, aku masih inget member2nya netral pernah bilang 80 % pemberitaaan soal artis kita yang go international adalah pembohongan publik, mereka ga lebih dari sekedar manggung atas undangan mahasiswa2 atau pekerja kita yang lagi merantau disana, yang disebut go international tuh ada ribuan orang bukan dari bangsa kita ikut menikmati musik yang mereka bawakan, seperti ini


btw sebenernya daripada agnes aku lebih suka kalo si saski yang bisa sukses diluar, gesture nya lebih asik, nyenengin buat diliat, albumnya juga mayan bagus kok, tapi kok ga laku ya

Labels: ,